• The Shampoo Lounge

7 Cara Tepat Memakai Masker Rambut



Memiliki rambut yang sehat, lebat dan berkilau merupakan impian semua orang, terutama bagi kaum wanita. Namun yang sering dilupakan, banyak orang sering mengikuti tren rambut seperti pewarnaan, pelurusan atau pengeritingan rambut, Bahkan setelah itu untuk mendapatkan hasil tata rambut maksimal, tak jarang Anda harus menggunakan wax atau gel rambut, hair spray, styling foam, sampai catokan rambut.


Namun, sudahkah Anda melakukan perawatan intensif untuk rambut Anda tersebut? Pasti sering terlewatkan bukan? Kesibukan yang begitu padat bahkan membuat Anda tidak sempat untuk ke salon, namun jangan kuatir, saat ini, sudah banyak masker rambut yang bisa digunakan sendiri di rumah sehingga Anda tak perlu repot-repot menyisakan waktu dan mengeluarkan banyak biaya datang ke salon.


Masker rambut dipercaya dapat bekerja untuk menutrisi rambut hingga ke bagian akar. Dijamin rambut Anda sehat dan tetap indah! Meski begitu, Anda perlu mengetahui cara menggunakan masker rambut yang tepat. Yuk, ikuti beberapa tip berikut!

1. Pastikan rambut Anda sudah dicuci dengan shampo dan dibilas bersih sebelum melakukan masker. Anda dapat melewatkan pengaplikasian kondisioner agar sel batang rambut tidak tertutup, sehingga dapat menyerap lebih banyak nutrisi pada masker rambut.


Disarankan untuk menggunakan air dingin saat keramas, agar pori-pori kulit dan kutikula terbuka sehingga siap menyerap nutrisi di dalam masker.

2. Peras rambut sampai air pada rambut hilang, Anda dapat menggunakan handuk untuk mengeringkannya namun jangan sampai terlalu kering, usahakan rambut dalam kondisi lembap, setengah kering dan setengah basah.

3. Oleskan masker rambut secara merata dengan menggunakan jari. Konsentrasikan mulai dari akar rambut sambil memijat-mijat kulit kepala secara perlahan. Ini dilakukan agar peredaran darah menjadi lancar dan penyerapan nutrisi pada masker rambut menjadi sempurna.

4. Setelah selesai di bagian akar rambut, lanjutkan prosesnya dengan mengoleskan masker secara merata pada bagian batang rambut hingga ke ujungnya. Pastikan seluruh helai rambut terlapisi dengan merata.

5. Agar proses penyerapan nutrisi berjalan lebih cepat, bungkus rambut dengan menggunakan handuk yang telah direndam air hangat. Panas yang dikeluarkan oleh handuk akan mempercepat proses penyerapan nutrisi ke dalam sel kulit kepala dan batang rambut.


6. Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit, jika sudah, bilas rambut. Tidak perlu menggunakan shampo, cukup bilas menggunakan air dingin. Hindari menggunakan air panas karena akan memicu kerontokan pada rambut.


Air dingin berfungsi untuk menutup pori-pori di kulit kepala sehingga nutrisi yang sudah masuk akan bekerja sempurna di dalam akar. Masker rambut harus dibilas dengan seksama hingga rambut benar-benar bersih. Anda harus membilas rambut anda dengan air secara berulang-ulang. Hal ini tidak boleh diabaikan.

7. Jika Anda merasa rambut terasa lepek usai dimasker, itu merupakan pertanda bahwa pembilasan yang dilakukan belum tuntas. Segera bilas kembali. Cara membilas yang paling tepat adalah dengan menggunakan shower.


Masker rambut yang belum tuntas dibilas dapat meninggalkan residu. Dan apabila menumpuk, akibatnya rambut terasa gatal, atau bahkan bisa memicu munculnya ketombe.

Bagaimana, mudah bukan? Untuk hasil yang lebih baik gunakan masker rambut satu minggu sekali. Tidak perlu setiap hari atau jangan terlalu lama jaraknya. Agar rambut Anda dapat terus ternutrisi dan tidak timbul masalah yang lebih kompleks.

Apabila kamu mencari masker rambut, kamu bisa mengontak HairShop.store, mereka punya banyak masker rambut terbaik sesuai dengan kondisi rambutmu. Kamu bisa langsung chat ke WhatsApp +62813-3896-6331



Artikel ini ditulis oleh Femina

12 views0 comments