top of page
  • Writer's pictureThe Shampoo Lounge

Tips Memilih Model Rambut Pendek Sesuai Bentuk Wajah


Model rambut pendek yang sesuai bentuk wajah akan membuat penampilanmu semakin maksimal.



Memilih model rambut pendek yang sesuai bentuk wajah memang gampang-gampang susah. Namun, begitu dapat model rambut yang tepat, kita akan merasa lebih percaya diri dan tampil maksimal dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Benar apa benar? Hehe.


Karena itu, ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih model rambut pendek yang sesuai. Rambut pendek relatif lebih mudah dirawat dan penataannya pun tidak butuh waktu lama. Namun, kamu tetap memerlukan produk perawatan rambut yang tepat agar bentuk rambutmu tetap keren.


Sudah siap untuk memotong rambut? Baca dulu yuk, tips kami dalam memilih rambut pendek untuk berbagai bentuk wajah. Pastikan kamu paham cara mengetahui bentuk wajah sendiri. Kenali dulu macam-macam bentuk wajah wanita, mulai dari wajah bulat, wajah hati, wajah oval, wajah persegi, hingga wajah panjang!


Model Rambut Pendek Sesuai Bentuk Wajah Bulat.

Umumnya pemilik bentuk wajah bulat menginginkan model rambut yang dapat menyamarkan pipi tembam. Karena inilah, banyak yang menghindari potongan rambut pendek karena dianggap bisa semakin menonjolkan area pipi. Padahal nih, ada banyak pilihan model rambut pendek yang bisa menyamarkan pipi tembam, lho!


Salah satu yang populer adalah potongan blunt bob yang dianggap bisa menutupi area pipi. Namun, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih haircut ini karena justru terkadang bisa menambah kesan ‘berat’ di area tersebut.


Supaya kamu tampil semakin stunning, kamu perlu tahu tips and trick untuk memilih model rambut pendek yang cocok dengan wajah bulatmu. Ini rekomendasi model rambut pendek untuk wajah bulat!


Blunt Bob.

Model rambut pendek sebahu bisa memberi ilusi leher lebih jenjang. Dengan begini, wajah bulatmu akan terkesan lebih mungil.



Beach Waves.

Gaya rambut pendek yang juga bisa kamu coba adalah beach waves. Namun, pastikan panjang rambutmu sebatas dagu atau lebih panjang dari itu. Jika keriting atau ikalmu sejajar dengan telinga, hasilnya bisa saja membuat bentuk wajahmu terlihat semakin lebar.


Kalau kamu berencana untuk mengikalnya hampir setiap hari dengan catokan atau curling iron, pastikan kamu menggunakan heat protection spray. Produk ini berguna untuk melindungi batang rambutmu dari suhu panas alat styling yang berpotensi bikin rambut kering.




Slick-back Blunt Bob.

Sudah terlanjur punya potongan blunt bob sedangkan wajahmu bulat? No worries! Coba tata dengan gaya slick-back supaya terlihat makin chic. Model rambut ini bisa membantu pipi tampak lebih tirus, karena mengurangi sedikit volume pada rambut.


Model Rambut Pendek Sesuai Bentuk Wajah Hati.

Cara mengetahui bentuk wajah sendiri bisa menggunakan meteran atau bercermin. Ingin tau bentuk wajah hati seperti apa? Bentuk wajah ini seperti kombinasi antara bentuk wajah kotak dan oval, dengan tulang pipi tinggi, kening lebar, dan rahang yang agak tajam. Dagunya pun lebih lancip. Jadi terkadang memilih model rambut pendek yang sesuai bentuk wajah hati mungkin agak tricky.


Jika kamu memiliki bentuk wajah hati, coba trik berikut untuk menjadikan bentuk wajah ini lebih proporsional. Intip juga model rambut untuk wajah diamond ya, Hair Bae!



Potongan Rambut Tanpa Layer.

Meski keren, usahakan untuk menghindari potongan rambut dengan layer atau trap. Aksen layer bisa memberi ilusi bagian rahang yang lebih kecil. Untuk pemilik wajah hati yang sudah memiliki rahang lebih kecil, hal ini bisa membuat wajahmu semakin kurang proporsional.


Kamu bisa mencoba model rambut bob pendek atau oval yang berpotongan rata seperti ini.


Bob Asimetris.

Gaya rambut pendek seperti apa yang bisa menonjolkan bagian mata dan tulang pipimu yang tinggi tanpa harus membuat rahang terlihat makin kecil? Bob asimetris adalah jawabannya!


Karena ditata ke samping, fokus pada bagian wajahmu menjadi tak sefrontal biasanya. Bob asimetris bisa menciptakan ilusi dan mengalihkan perhatian dari perbedaan ukuran area dahi dan rahang yang kontras.



Pixie Cut.

Untuk membuat wajah terlihat proporsional, jangan ragu untuk menambah poni pendek yang ditata ke depan atau menyamping. Bahkan, kamu bisa mencoba potongan pixie, kok. Tentu saja, jangan lupa tambahkan poni untuk mengurangi area lebar pada kening.


Khawatir rambut bondol seperti pixie akan bikin wajahmu semakin lebar di bagian tengah? Akali dengan gaya slick back bertekstur seperti ini. Jika potongan rambutmu minim volume, ciptakan volume baru di bagian atas. Wajah akan tampak lebih panjang, meski bagian kening terbuka.


Model Rambut Pendek Sesuai Bentuk Wajah Oval.

Kalau punya wajah oval, kamu akan lebih mudah mencari ide model rambut pendek. Bentuk wajah oval umumnya cocok untuk berbagai model rambut. Simak rekomendasi kami, yuk!




Long Pixie.

Salah satu gaya rambut bentuk wajah oval yang bisa jadi referensimu adalah potongan rambut super pendek seperti pixie cut. Kalau kamu masih ragu, coba potongan rambut long pixie terlebih dahulu.



Medium Pixie.

Kalau terbiasa berambut panjang, mungkin kamu agak ragu untuk memotong pendek rambutmu. Namun, jangan khawatir. Kamu bisa mencoba dengan panjang medium. Nah, salah satu keunggulan rambut pixie adalah bentuknya akan tetap terjaga meskipun rambutmu bertambah panjang.



French Bob.

Kalau ingin potongan yang agak lebih panjang, coba French bob! Perpaduan gaya ikal, bob pendek dan poni mikro adalah gaya Parisien sejati.


Model Rambut Pendek Sesuai Bentuk Wajah Persegi.

Ada banyak ide model rambut yang cocok untuk wajah persegi, salah satu yang bisa dipilih adalah gaya rambut pendek. Ingin tahu seperti apa potongan rambut pendek sesuai bentuk wajah persegimu? Pastikan dulu kamu tau betul cara mengetahui bentuk wajah sendiri dan kenali ciri-cirinya. Cari hairstyle yang fokusnya untuk memberi kesan halus pada bentuk rahang yang tegas.


Pixie dengan Poni Panjang.

Model rambut pendek seperti pixie cut dengan poni panjang bisa kamu pertimbangkan. Meski potongannya menunjukkan rahang, tapi poninya (apalagi kalau ditata bergelombang atau bervolume) akan ‘menghaluskan’ garis tegas pada wajah.

Nah, untuk membuat tatanan rambut pixie lebih tahan lama, kamu bisa menggunakan hairspray.


Graduated Bob.

Selain potongan pixie, model rambut graduated bob atau bob nungging sebatas dagu juga bagus untuk wajah persegi. Panjangnya bisa membingkai wajah sekaligus melembutkan garis rahang.


Wavy Lob.

Rambut aslimu ikal atau keriting? Nice! Kamu bisa mencoba gaya lob (long bob) dengan poni. Tekstur asli rambutmu akan secara alami melembutkan garis tegas pada wajah.


Model Rambut Pendek Sesuai Bentuk Wajah Panjang.

Sebenarnya, tak terlalu sulit memilih model rambut pendek untuk wajah panjang. Banyak banget yang bisa dicoba! Namun, kalau ingin mempertimbangkan proporsi, model rambut sesuai bentuk wajah ini adalah yang dapat menyeimbangkan panjang wajah.


Nah, variasi bob adalah pilihan utamanya. Tapi jika kamu ingin potongan rambut yang lebih variatif, model rambut pixie tak ada salahnya untuk dicoba.


Wavy Bob.

Selain memangkas panjang wajah, salah satu trik lainnya untuk menjadikan bentuk wajah ini lebih proporsional adalah memberi volume. Beri efek wajah yang lebih ‘lebar’ dengan tatanan rambut bervolume atau potongan mengembang.


Layer Lob.

Tak mau pakai poni? Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan ‘menghilangkan’ poni dan menata rambut dengan aksen layer. Selain mempermanis tampilan, cara ini cukup ampuh untuk menyiasati area wajah yang panjang.



Pixie with Micro Bangs.

Selain potongan rambut bob, wajah panjang juga cocok dengan gaya rambut super pendek seperti pixie cut. Namun, untuk menciptakan efek wajah yang seimbang, kamu bisa menambahkan poni pendek atau micro bangs dengan aksen highlight warna pirang. Keren!


Selain menyeimbangkan ukuran wajah, model rambut pendek wanita sesuai bentuk wajah ini akan bikin kamu makin seksi, lho!



Tips Menata Rambut Pendek dari Editor.

1. Jangan Takut Bermain Volume.

Kunci untuk model rambut untuk bentuk wajah oval dan panjang adalah volume, terutama untuk mereka yang rambutnya lurus. Agar tidak terksesan monoton, coba gaya messy beach waves pada rambut menggunakan catokan.


Kalau tidak punya alat styling atau mau menata rambut dengan metode heatless, coba trik mengeriting rambut dengan kaus kaki atau dengan teknik scrunching.


2. Gunakan Poni Sebagai Siasat.

Kamu yang terganggu dengan area kening yang lebar, bisa menyiasatinya dengan poni. Pilihan terbaik jatuh pada poni samping yang jatuh sebatas mata atau hingga menyentuh hidung dan telinga. Kamu juga bisa mencoba curtain bangs atau see-through bangs yang tipis dan manis. Kiyowo a la unnie Korea!


3. Sesuaikan dengan Jenis dan Tipe Rambut.

Beberapa model rambut akan terlihat berbeda pada tipe dan jenis rambut tertentu. Misalnya, pixie cut pada tipe rambut ikal akan tampak lebih bervolume dibandingkan pada rambut lurus.


Keuntungan Punya Rambut Pendek.

Bosan dengan rambut panjang tapi masih kesulitan meyakinkan diri potong pendek di salon? Sesekali tampil fresh dengan rambut pendek tidak ada salahnya, kok. Sederet ketakutan potong pendek seperti enggan terlihat chubby atau tidak cocok dengan bentuk wajah bisa diatasi oleh hairdresser yang tepat.


Kalau masih belum yakin, cek saja beberapa keuntungan punya rambut pendek.


1. Mengakali Bentuk Wajah Tertentu.

Nah, keuntungan yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk memberi siluet wajah yang lebih proporsional. Apalagi kalau kamu yang memiliki bentuk wajah bulat atau wajah kotak. Kedua bentuk wajah ini umumnya bisa diakali dengan rambut pendek yang menyembunyikan pipi chubby atau menyamarkan garis rahang yang tegas.


2. Bikin Tampak Lebih Muda.

Memilik model rambut pendek sesuai bentuk wajah bisa membuatmu tampak lebih fresh dan awet muda, lho. Kamu bisa mencoba macam-macam potongan bob yang kekinian. Mulai dari bob sebahu dengan layer, blunt bob, graduated bob, hingga bob asimetris yang kekinian. Jika berani, kamu juga bisa ikut memotong ponimu jadi rata, lho!


3. Low Maintenance.

Tak hanya terasa enteng, rambut pendek juga lebih mudah diatur dan ditata, lho. Perawatannya juga cenderung simpel dan tidak ribet. Kamu bisa mencatok dan mengepang rambut pendekmu untuk tampil fashionable dalam sekejap!


4. Lebih Cepat Kering.

Rambut pendek lebih cepat kering ketimbang rambut panjang. Waktu yang kamu butuhkan untuk blow dry jauh lebih singkat. Rambut pendek sangat cocok untuk wanita aktif yang punya segudang kegiatan setiap hari.


5. Hemat Shampoo dan Conditioner.

Rambut lebih sedikit, otomatis shampoo dan conditioner yang kamu butuhkan juga tak sebanyak dulu. Kamu bisa menghemat pemakaian shampoo secara signifikan dengan memutuskan berambut pendek, lho.


6. Mengurangi Rambut Rontok dan Rusak.

Selain stres, rambut yang terlalu panjang dan berat bisa jadi penyebab utama rambut rontok. Potong rambut menjadi pendek bisa jadi solusi instan untuk keluar dari permasalahan ini.


Memotong rambutmu menjadi lebih pendek bisa juga membantumu untuk memangkas ujung rambut yang kering dan rusak.




Bagaimana Kalau Rambut yang Dipotong Terlalu Pendek?

Pasti ada momen saat kenyataan tak sesuai harapan. Bisa saja hasil guntingan hairdresser terlalu pendek atau tidak sesuai dengan ekspektasi kamu. Apalagi kalau menggunting rambut sendiri di rumah, hasilnya mungkin bisa jauh dari ekspektasi.


Dibanding galau dengan hasil potongan rambut barumu, sebaiknya fokus melakukan berbagai upaya untuk keluar dari situasi ini. Apa saja solusi untuk mengatasi rambut yang terlalu pendek?


1. Rangsang Pertumbuhan Rambut.

Pertama-tama, sadari kalau rambut bisa tumbuh kembali. Rambut manusia normal biasanya tumbuh sekitar 0,5 cm setiap bulan. Jika ingin rambut panjang dengan cepat, kamu bisa merangsang pertumbuhan rambut dengan menggunakan shampoo khusus hair growth atau minum vitamin. Kamu bisa mengonsumsi vitamin yang mengandung biotin, vitamin E, A, B-6, D, hingga zinc.


2. Cerdas Pilih Model Rambut.

Ini merupakan langkah antisipatif yang bisa kamu lakukan sebelum potong pendek. Kamu bisa milih model bob layer yang akan tampak semakin bagus dan natural saat memanjang nanti.


3. Pakai Hair Extension.

Zaman sekarang, ada banyak salon yang menawarkan jasa hair extension berkualitas yang terbuat dari rambut asli. Salah satunya The Shampoo Lounge dan HairShop. Ada yang berupa hair clip, ada pula yang menggunakan ring untuk dijepitkan pada akar rambut, tape, dan juga weft extensions. Jadi, tak ada alasan lagi untuk takut potong pendek!



artikel dan foto : All Thing Hair

122 views0 comments

Comments


bottom of page